Sunday, April 14, 2013

Cara Mengatur dual boot windows dan Linux


Cara Mengatur dual boot windows dan Linux - Pada saat ini banyak orang yang mulai belajar tentang sistem operasi linux, Namun banyak juga di antara mereka yang tidak rela meninggalkan Sistem operasi windows. solusinya, mereka biasanya menggunakan dual boot atau menginstall dua sistem operasi di satu komputer. sehingga komputer yang di install dual boot saat pertama kali di nyalakan akan ada dua pilihan sistem operasi yang mana yang akan di jalankan.

Biasanya cara ini sangat efektif dan tidak memunculkan banyak masalah jika kita menginstall dual bootnya itu dari versi windows entah itu windows Xp dengan Windows Seven. Namun yang menjadi masalah jika kita menginstall dual boot dari windows dan Linux karena nanti boot bootloader milik windows akan di ganti dengan grub linux (startup nya linux)

Sebenarnya itu tidak menjadi masalah jika kita selama menggunakan linux dan windows tidak melakukan instal ulang, seandaiya jika anda melakukan install ulang pada komputer yang memiliki dual boot windows dan linux ini akan menyebabkan grub pada linux kacau sehingga salah satu boot pada sistem tersebut akan hilang. terus bagaimana Cara Mengatur dual boot windows dan Linux agar tidak hilang saat instal ulang??? Banyak sekali software yang dapat mengatur grub linux. namun disini saya akan mejelasakan menggunakan software EasyBCD yang dapat di gunakan untuk menghapus grub linux. Anda bisa men-downloadnya di sini Setelah men-download EasyBCD, Anda tinggal mengikuti langkah singkat berikut.


Cara Menghapus Grub Linux

  1. Buka EasyBCD sehingga seperti  di bawah ini
     
  2. Kemudian klik Bootloader Setup seperti pada gambar di bawah ini.
  3. Kemudian selanjutnya, klik Write MBR seperti gambar di bawah. Write MBR berfungsi untuk membuat boot loader dari windows aktif, sehingga ketika booting langsung masuk ke windows, tidak masuk ke grub loader linux.
  4. Setelah selesai mengikuti langkah di atas, restart komputer Anda dan pastikan ketika booting langsung masuk ke windows, bukan ke grub loader linux.

Cara mengembalikan grub Linux yang hilang


1. Buka EasyBCD nya, pergi ke " Add New Entry" pilih "Linux/BSD" Terus pilih "GRUB2"dari menu drop-down di kategori type. Kasih nama Sesuai selera anda dan klik tombol Add Entry kalo udah selesai
 

  4.  Terus Pergi ke halaman "Bootloader Setup", dan pilih "Instal the Windows Vista / 7 Bootloader to the MBR" lalu tekan "Write MBR":





 

5.  Langkah Terakhir Reboot PC.  Alhasil dua pilihan:. Windows 7 dan Ubuntu 10.10





Mudah Bukan, Cara Mengatur dual boot windows dan Linux, Jika ada pertanyaan yang kurang jelas silahkan post komentar dibawah ini. sekian terimah kasih

0 comments:

Post a Comment

Baca Juga...

 

Just Simple Blog. Copyright 2013 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com